Subscribe:

Tentang Template :

Asma

Apa yang dimaksud dengan Asma ?


Asma adalah penyakit kronik paru dimana aliran udara menyempit sehingga meyulitkan untuk bernafas. Saluran udara pada orang dengan penyakit asma sangat sensitif  terhadap beberapa faktor pemicu. Ketika distimulasi oleh pemicu ini, saluran udara bereaksi dengan inflamasi abnormal yang menyebabkan menelan, peningkatan sekresi mukus, dan kontraksi otot dari saluran udara. Gejala bisa berubha-ubah dan dapat timbul kembali beberapa jam setelah serangan pertama.



Siapa yang mendapatkan Asma ?


Setiap orang bisa menderita asma. Penyakit ini merupakan penyakit yang non-contagious yang memengaruhi jutaan manusia di seluruh dunia, tanpa memperhatikan budaya, ras, jenis kelamin, atau usia. Jika terdapat riwayat keluarga asma dan adanya alergi akan meningkatkan risiko seseorang menderita asma.



Tahap Serangan Asma


Ringan :




  • Kesulitan bernafas ringan

  • Bersin


Sedang :




  • Kesulitan bernafas pada saat istirahat

  • Menggunakan otot ekstra untuk bernafas

  • Sedikit perubahan udara


Berat :




  • Kesulitan bernafas tetap

  • Menggunakan otot tambahan untuk bernafas

  • Bersin berkurang atau meningkat



Jenis-jenis Asma


Terdapat dua jenis asma yang utama, yaitu asma ekstrinsik (alergi) dan asma intrinsic(non-alergi). Seseorang dapat memiliki asma campuran, yaitu kombinasi antara asma ekstrinsik dan asma intrinsik.


Asma ekstrinsik merupakan jenis asma yang paling sering diderita oleh anak-anak dan orang dewasa dan biasanya fades oleh usia dan terhindar dari zat-zat alergi.


Asma intrinsik merupakan jenis asma yang paling sering diderita oleh anak-anak berusia dibawah 3 tahun dan dewasa berusia diatas 30 tahun. Infeksi pernafasan karena virus merupakan pemicu utama dan mempengaruhi baik syaraf dan atau sel dekat permukaan pohon brokus. Hal ini menyebabkan bronkospasme atau melepaskan mediatorkimia yang menghasilkan serangan asma. Pemicu lainnya meliputi iritan, olah raga, udara dingin, perubahan emosi yang juga menyebabkan bronkospasme.



Gejala dan Tanda


Gejala bervariasi antara asama ringan sampai dengan berat, dan timbul pada asma alergi dan non alergi. Gejala meliputi bersin, sesak dada, batuk, sulit bernafas.



Pemicu Utama Asma


Alergen, cuaca, polusi, iritan, olah raga, perubahan emosi, sakit.

0 komentar:

Post a Comment