Subscribe:

Tentang Template :

Obesitas

Apakah yang dimaksud dengan obesitas ?


Obesitas sering kali didefinisikan sebagai lemak tubuh yang berlebihan. Persentase lemak tubuh bervariasi menurut jenis kelamin dan usia. Seseorang dikatakan obesitas jika berat badan 20% atau lebih diatas berat badan ideal. Obesitas berat adalah jika berat badan 50% atau lebih diatas berat badan ideal. Obesitas merupakan penyakit jangka panjang yang meningkatkan risiko berkembangnya penyakit yang lebih serius, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol darah meningkat, diabetes melitus tipe 2, penyakit jantung, dan strok.




Penyebab Obesitas


Obesitas telah menjadi masalah kesehatan masyarakat yang utama, yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan genetik. Obesitas biasanya disebabkan oleh lebih dari satu penyebab. Penyebab utama obesitas adalah ketidaseimbangan energi, yaitu ketika asupan makanan (kalori) berlebih sedangkan aktifitas fisik kurang. Hal tersebut menghasilkan peningkatan berat badan dan kelebihan energi disimpan sebagai lemak. Faktor lain yang berkontribusi terhadap berat badan seseorang adalah usia, jenis kelamin, genetik, faktor lingkungan, faktor psikologis, penyakit, dan obat-obatan.



Faktor Risiko Kesehatan terkait Obesitas


Jika anda obesitas, makan anda memiliki risiko masalah kesehatan yang lebih serius. Jika berat badan anda dapat diturunkan, mka risiko anda akan berkurang. Berikut ini adalah beberapa penyakit dan organ yang dapat terganggu akibat obesitas.


Otak : gangguan osikologis (depresi, rendah diri), stroke; Esofagus : penyakit refluks saluran cerna, rasa perut penuh (panas); Arteri : tekanan darah tinggi, arteriosklerosi ; Paru-paru; Jantung : penyakit jantung koroner; Pankreas; Kolon; Kandung kemih : inkontinensia urin; Tulang.



Tata laksana Obesitas


Obesitas merupakan penyakit kronik yang memerlukan tata laksana jangka panjang. Fokus utamanya adalah menurunkan risiko berkembangnya masalah kesehatan, seperti menurunkan berat badan. Jika anda obes, sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional untuk berkonsultasi berapa banyak anda harus menurunkan berat badan dan jenis program penurunan berat badan apa yang sesuai.


Rencana yang baik adalah secarabertahap mengurangi berat badan anda. Penurunan berat badan yang aman dan sehat adalah satu sampai dua ponds per minggu. Tata laksana yang dapat dilakukan meliputi : pengaturan  makan (diet), aktifitas fisik, terapi, konseling, dan pembedahan.

2 komentar:

Unknown said...

Terimakasih banyak infonya ..
Sangat bermanfaat
Obat Tradisional Jantung Rematik Yang Tepat

Heni Herbal said...

Start your day with a morning full of joy? Thank you for the information and we will wait for more information
Ahlinya Obat Hernia

Post a Comment