Subscribe:

Tentang Template :

Diabetes Melitus Gestasional

Diabetes melitus gestasional (DMG) didefinisikan sebagai suatu gangguan toleransi glukosa yang timbul atau pertama kali dideteksi pada saat kehamilan. Kondisi ini terjadi pada 3-8% perempuan hamil. DMG merupakan salah satu faktor risiko terjadinya komplikasi pada janin dan berkaitan dengan timbulnya diabetes melitus (DM) tipe 2 di masa yang akan datang bagi perempuan yang pernah didiagnosis DMG.


Seperti diketahui penyebab terjadinya DM adalah adanya resistensi insulin dan gangguan (disfungsi)  sel â (sel beta) kelenjar pankreas. Kehamilan dapat dianggap sebagai suatu uji stres metabolik dan mampu mengungkap adanya resistensi insulin dan disfungsi sel â kelenjar pankreas pada perempuan tersebut. Plasenta (ari-ari) ibu memproduksi berbagai hormon, seperti kortisol, prolaktin, dan hormon pertumbuhan (growth hormone) yang berkontribusi untuk terjadinya resistensi insulin selama kehamilan. Resistensi insulin tersebut umumnya mulai terjadi pada trimester kedua dan terus berlanjut sepanjang sisa masa kehamilan. Berdasarkan penelitian, perempuan dengan DMG ternyata derajat terjadinya resistensi insulin dan gangguan sel â melakukan kompensasi untuk meningkatkan sekresi insulin lebih berat dibandingkan perempuan hamil yang normal.


Kriteria diagnosis World Health Organization (WHO) untuk menegakkan diagnosis adanya DMG berdasarkan pada tes toleransi glukosa oral (TTGO) dengan memeriksa kadar glukosa puasa dan kadar glukosa darah 2 jam pasca pembebanan 75 gram glukosa (pembebanan 75 gram gula pasir). Seorang perempuan hamil dinyatakan menderita DMG jika didapatkan kadar glukosa puasa lebih dari 126 mg/dL atau kadar glukosa darah 2 jam pasca pembebanan 75 gram glukosa lebih dari 140 mg/dL.


Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pemeriksaan TTGO:




  • Makan seperti biasa selama 3 hari sebelumnya

  • Kegiatan jasmani seperti biasa

  • Puasa 10-12 jam

  • Periksa glukosa darah puasa

  • Minum larutan gula dalam waktu 5 menit (75 gram glukosa/gula pasir dalam 250 ml air)

  • Periksa glukosa darah 2 jam pasca pembebanan glukosa

  • Selama menunggu 2 jam, pasien harus istirahat, tidak makan, dan tidak merokok



Komplikasi pada janin terkait dengan DMG antara lain meliputi makrosomia (berat lahir bayi lebih dari 4 kg), hipoglikemia (kadar glukosa darah rendah) pada bayi baru lahir, kematian janin dan bayi baru lahir, malformasi kongenital (cacat tubuh), bayi kuning, hipokalsemia, dan sindrom gawat napas pada bayi baru lahir. Komplikasi pada ibu terkait dengan DMG antara lain hipertensi, preeklamsia, dan peningkatan risiko melahirkan dengan operasi sectio caesaria akibat pertumbuhan janin yang berlebihan (makrosomia). Makrosomia seringkali menyebabkan bahu janin sulit untuk melewati jalan lahir (distosia bahu) sehingga harus dilahirkan dengan operasi sectio caesaria.


Penapisan faktor risiko untuk terjadinya DMG pada perempuan hamil seyogianya dilakukan pada saat kali pertama pasien memeriksakan kehamilannya. Faktor risiko tersebut antara lain berat badan yang sangat berlebihan (obesitas), riwayat DMG pada kehamilan sebelumnya, riwayat intoleransi glukosa atau glikosuria (glukosa dalam air seni), atau riwayat keluarga dengan DM tipe 2 . Jika seorang perempuan hamil memiliki faktor risiko tinggi untuk timbulnya DMG, pemeriksaan TTGO harus sesegera mungkin dilakukan. Jika pemeriksaan awal tidak menunjukkan adanya DMG, harus dilakukan pemeriksaan TTGO ulang pada pasien tersebut pada saat kehamilan berusia 24-28 minggu. Jika risiko untuk terjadinya DMG adalah moderat, pasien seyogianya melakukan pemeriksaan TTGO pada saat kehamilan berusia 24-28 minggu.


Memonitor kadar glukosa darah secara berkala sangat penting dalam penatalaksanaan DMG agar target kadar glukosa darah puasa kurang darii 95 mg/dL dan kadar glukosa darah 2 jam setelah makan lebih dari 120 mg/dL dapat tercapai dan dipertahankan. Terapi utama untuk mengontrol kadar glukosa darah pada DMG adalah dengan pengaturan makanan/ diet (terapi nutrisi medik). Jika kadar glukosa darah tidak dapat dikontrol dengan diet yang telah ditentukan atau jika terdapat bukti bahwa pertumbuhan janin sudah berlebihan (taksiran berat janin sesuai masa kehamilan melebihi dari yang seharusnya) maka diperlukan pemberian insulin pada penderita DMG tersebut. Obat diabetes yang diminum (obat hipoglikemik oral/ OHO) tidak direkomendasikan untuk diberikan pada perempuan hamil yang menderita DMG.


Pemantauan penderita DMG pasca melahirkan sangat penting. Status kadar glukosa darah seyogianya dimonitor pada waktu 6 minggu atau lebih pasca melahirkan dan jika hasilnya normal, kadar glukosa darah selanjutnya dipantau setiap 3 tahun. Hal ini penting dilakukan oleh karena adanya peningkatan risiko untuk terjadinya DM tipe 2 di kemudian hari pada perempuan dengan riwayat DMG.

0 komentar:

Post a Comment