Subscribe:

Tentang Template :

Vitamin E sebagai Antioksidan

Vitamin E adalah antioksidan larut lemak dan merupakan salah satu pertahanan tubuh terhadap radikal bebas. Peran utamanya adalah menghantikan reaksi rantai radikal bebas yang memproduksi lebih banyak radikal bebas. Vitamin E melindungi sel-sel dan membran dari kerusakan. Vitamin E tidak hanya melindungi sebagai antioksidan yang asam lemak jenuh ganda, namun juga melindungi senyawa larut lemak lain (seperti vitamin A). Vitamin E mengurangi risiko penyakit jantung dengan melindungi LDL dan mengurangi inflamasi.


Kekurangan vitamin E karena asupan yang kurang pada manusia jarang terjadi. Kekurangan vitamin E biasanya terjadi karena adanya penyakit yang terkait dengan malabsorpsi lemak.


Vitamin E banyak terdapat pada makanan. Sumber vitamin E yang utama adalah minyak sayur dan hasil olahannya seperti margarin dan salad dressings. Kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan juga merupakan sumber vitamin E.Vitamin E rusak karena proses pemanasan seperti menggoreng dan oksidasi. Untuk itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sumber vitamin E segar (sebelum melalui pemanasan yang berarti)  untuk mendapatkan sumber vitamin E yang baik. Angka kecukupan gizi yang dianjurkan untuk vitamin E adalah 15 mg/hari untuk orang dewasa.

1 komentar:

http://www.youtube.com/watch?v=-SI018kpW3A said...

Superb condition,gratitude for putting this specific thinking! "This is evidently one wonderful column. Merit for the precious info as well as insights you have so provided here. Keep it down!" b@!l@@,GxCC

Post a Comment