Subscribe:

Tentang Template :

Infeksi Saluran Kemih (Kencing) pada Anak

Sekitar 3 persen anak prempuan dan 1 persen anak laki-laki mengalami infeksi saluran kemih sebelum berusia 11 tahun, dan  dalam 1 tahun, 50% di antaranya akan mengalami kekambuhan. Infeksi saluran kemih mungkin melibatkan ginjal ( pielonefritis), atau mungkin berkaitan dengan infeksi pada kantong kemih (sistitis). Infeksi saluran kemih pada anak-anak penting  diperhatikan karena:


-  Hampir setengahnya memiliki abnormalitas struktural pada saluran kencingnya.


- Infeksi pada ginjal mungkinmerusak ginjal yang sedang berkembang dengan membentuk jaringan parut sehingga dapat berakibat terjadinya darah tinggi sampai dengan gagal ginjal manakala jaringan parut terjadi pada kedua ginjal.



Gejala dan tanda


Gejala dan tanda infeksi saluran kemih pada anak dapat bervariasi tergantung usia anak tersebut. Pada bayi baru lahir gejalanya tidak spesifik, meliputi muntah dan kunng; infeksi berat dapat terjadi dengan cepat. Gejala dan tanda yang khas dapat terjadi pada anak yang sudah lebih besar seperti nyeri saat berkemih, sering berkemih, dan nyeri pinggang. Bila ginjal terkena infeksi biasanya disertai dengan demam. Bila hanya ada keluhan nyeri saat berkemih, tanpa demam, biasanya hanya infeksi pada kantong kemih, atau infeksi pada kemaluan



Faktor yang memudahkan infeksi saluran kemih



Kuman infeksi


Infeksi umumnya terjadi akibat kuman dari usus yang masuk ke saluran kemih melalui lubang kencing (uretra), kecuali pada bayi baru lahir yang biasanya melalui darah.



Pengosongan kantong kemih tidak sempurna


Pada anak-anak pengosongan kantong kemih yang tidak sempurna dapat disebabkan  oleh pembesaran kantong kemih karena anak jarang kencing, berkemih yang terburu-buru, saluran kemih tersumbat karena tekanan feses (tinja) di usus besar atau saluran penglepasan akibat sembelit, gangguan persarafan pada kantong kemih.



Kembalinya urin dari kantong kemih (vesicoureteric reflux)


Adanya kelainan pertumbuhan pada saluran kemih yang menyebabkan urin tidak dapat mengalir masuk ke kantong kemih dan justru kembali ke ginjal dan menimbulkan infeksi pada ginjal serta kerusakan pada ginjal.



Pengobatan


- Infeksi saluran kemih pada anak diobati dengan antibiotik yang sesuai dengan kuman penyebab infeksi


- Dianjurkan untuk banyak minum, berkemih secara teratur, hindari sembelit dengan banyak makan buah, dijaga kebersihan di sekitar kemaluan,


- Jika muncul gejala-gejala seperti disebutkan di atas periksa biakan
urin

2 komentar:

afvallen said...

I’m impressed with this article. You open my eyes. Thank you

Raka said...

thank you for visiting and please support

Post a Comment