Subscribe:

Tentang Template :

Imunisasi pada Bayi dan Anak Part 4

Pada bagian III dari Imunisasi pada Bayi dan Anak telah dibahas mengenai penyakit tetanus, polio, dan hepatitis B. Topik selanjutnya yang akan diulas dalam tulisan IV adalah mengenai penyakit campak dan gondongan.


Campak


Penyakit campak atau sering disebut juga sebagai measles atau rubeola atau morbili merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus campak. Penyakit ini mudah sekali menular melalui udara (percikan ludah) kepada anak yang belum diberi imunisasi campak.


Gejala penyakit campak mula-mula hanya menunjukkan gejala batuk-pilek biasa yang dapat disertai demam ringan, namun lama kelamaan demam makin tinggi, batuk makin keras, dan sering disertai muntah atau mencret. Anak menjadi rewel, gelisah, tidak mau bermain, tidak mau makan, dan sulit tidur. Mata dan selaput lendir mulutnya bengkak kemerahan disertai sariawan. Ruam kulit kemerahan mulai muncul pada hari ketiga atau keempat demam. Yang khas, ruam ini muncul berurutan dimulai dari daerah wajah, kemudian ke leher, dada, dan punggung, dan akhirnya dalam 2-3 hari ruam merata ke seluruh tubuh. Setelah ruam muncul, umumnya demam berangsur turun, namun batuk mungkin masih bertahan sampai lebih dari 1 minggu. Bekas ruam kulit tampak berupa bercak-bercak berwarna gelap yang baru hilang setelah 2-3 minggu atau lebih.


Meskipun penyakit campak cukup dikenal di masyarakat, namun masih banyak kesalahpahaman mengenai penyakit ini. Yang penting untuk diketahui adalah penyakit demam yang disertai kemerahan kulit belum tentu campak, melainkan bisa pula disebabkan infeksi virus lain atau reaksi alergi terhadap obat. Penyakit campak hanya dapat diderita oleh seseorang satu kali, karena bila sudah pernah sakit campak akan mempunyai kekebalan seumur hidup. Penyakit campak tidak harus dan tidak boleh diderita oleh anak, sehingga tiap anak harus diberikan imunisasi terhadap penyakit campak pada waktu yang tepat (pada saat anak berusia 9-14 bulan).


Diobati atau tidak, anak yang menderita campak, ruam kulitnya akan tetap muncul. Oleh karena disebabkan virus, campak tidak dapat disembuhkan dengan antibiotika, melainkan lebih ditentukan faktor gizi dan daya tahan tubuh; jika baik, pada umumnya dapat sembuh sendiri dalam waktu 7-10 hari, namun jika mengenai anak bergizi buruk atau dengan daya tahan tubuh rendah mungkin dapat terjadi komplikasi berbahaya yang membutuhkan perawatan di rumah sakit seperti radang paru atau pneumonia, radang otak, dan kekurangan cairan (dehidrasi) akibat banyak muntah atau diare sementara penderita tidak mau makan dan minum. Dengan demikian, penderita campak harus diobati, bukan untuk membunuh virusnya, tetapi untuk mengurangi gejala yang diderita anak, menambahkan vitamin, mencegah komplikasi, atau mengobati komplikasi bila ada.



Gondongan


Penyakit gondongan atau mumps atau parotitis epidemika juga disebabkan oleh virus yang menyebar melalui percikan ludah di udara.


Pada awal penyakit, timbul gejala demam, sakit kepala, tidak nafsu makan, dan lesu yang kemudian diikuti pembengkakan yang keras di kelenjar parotis di bawah pangkal telinga beberapa hari kemudian. Kelenjar yang bengkak ini terasa nyeri bila ditekan atau bila anak mengunyah, menelan, atau bila makan makanan yang merangsang keluarnya air liur. Gejala tersebut dapat pula disertai batuk, pilek, muntah, diare, dan nyeri sendi.


Komplikasi gondongan pada anak laki-laki dapat berupa peradangan pada buah zakar (testis) yang terasa nyeri, sedangkan pada anak perempuan dapat terjadi komplikasi di indung telur (ovarium), namun sangat jarang.


Tanpa diberi blau atau tinta cina di bawah telinga pasien, penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya dalam 7-10 hari. Benjolan di bawah telinga mungkin masih teraba keras yang tidak boleh diurut atau dipijat. Benjolan tersebut akan hilang sendiri secara berangsur-angsur. Pengobatan yang diberikan dokter bertujuan sama dengan pengobatan pada penyakit campak.

2 komentar:

Stepanie said...

Hola :) Is it ok if I go sort of off subject? I am tryin to look at the website from my brand new iPod Touch but it won't display correctly (a few of the images are almost completely covered), any suggestions? Shall I try and find an upgrade for my system or something? Thank you for the help I hope! Stepanie x :)

徵信社 said...

I want to suggest you listen some light music , such as Whisperings Solo Piano Radio , it can make you relax.

Post a Comment