Subscribe:

Tentang Template :

Antioxidant, Proses Menua, dan Teh Hijau

Proses menua merupakan proses penurunan fungsi organ yang progresif. Terdapat berbagai teori yang menjelaskan proses menua, diantaranya adalah teori radikal bebas. Teori radikal bebas merupakan teori yang mengatakan bahwa proses menua terjadi akibat kerusakan pada jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas ini dihasilkan oleh tubuh selama proses metabolisme normal. Kerusakan jaringan (yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronik) terjadi akibat antioksidan (zat yang dapat melawan radikal bebas) tidak cukup banyak untuk melawan radikal bebas yang ada. Untuk itu asupan makanan yang mengandung cukup antioksidan menjadi penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronik.


Teh (teh hijau dan teh hitam) merupakan sumber utama flavonoid. Flavonoid dalam teh merupakan antioksidan yang cukup kuat. Diasumsikan bahwa kadar flavonoid yang tinggi pada teh hijau dan teh hitam dapat melindungi sel dan jaringan dari kerusakan akibat radikal bebas. Jenis flavonoid yang ada dalam teh adalah catechins seperti epicatechin (EC), epicatechin-3-gallate (ECG), epigallocatechin (EGC), dan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Kandungan catechin dalam teh tergantung pada berbagai faktor sebelum daun teh dikeringkan seperti lokasi geografis tanaman teh tumbuh dan kondisi pertumbuhan pohon teh.


Kandungan flavonoid dari berbagai minuman teh tergantung pada tipe teh (instant, atau bukan) dan persiapannya (jumlah yang digunakan, cara memasak, dan suhu). Kandungan flavonoid tertinggi ditemukan pada teh panas, kandungan ditemukan lebih sedikit pada teh instan, dan paling sedikit pada teh siap minum.


Sampai saat ini masih terdapat berbagai kontroversi pendapat mengenai efek teh terhadap kesehatan. Penelitian epidemiologi mengenai efek teh terhadap kesehatan dan kaitannya dengan jenis teh yang dikonsumsi dan cara peyiapannya masih sedikit ditemui.  Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan data yang lebih  pasti

12 komentar:

Duane Misnick said...

543jkl5k3dfsa

Raka said...

function to what ....????

Raka said...

how to do ...... please teach me .....

Raka said...

yes I will try

Raka said...

how ....???

no32 key said...

reetings. I follow your site to wish you continued success.

Raka said...

Please support .....

Club Penguin field ops said...

You should write more on this topic. Just one quick word of advice, please check your page load time. It took me a little while to load.

wedding gowns 2011 said...

Title...

wedding dresses 2011...

Call Girls said...

Believe me,I was prepared for everything,except you.

rapidshare link generator said...

beautiful expression, a really useful article. Thank you.reetings. I follow your site to wish you continued success.

Raka said...

thank you ..... we are sharing, please support me

Post a Comment