Subscribe:

Tentang Template :

Kanker Payudara

Apakah pengertian kanker payudara ?


Kanker payudara merupakan penyakit kanker yang paling sering diderita oleh kaum wanita. Penyakit ini merupakan penyebab kematian nomor dua setelah kanker payudara pada wanita berusia 35-54 tahun. Saat ini angka ketahan hidup penderita kanker payudara telah meningkat karena adanya diagnosis dini dan berbagai pengobatan untuk kanker tersebut. Sebagian besar kanker payudara timbul di bagian atas payudara dekat lengan. Kanker payudara dapat menyebar melalui sistem limpa atau aliran darah ke paru-paru, hati, tulang, dan organ lain, atau langsung ke kulit di sekitar jaringan.



Diagnosis kanker payudara


Semakin cepat kanker payudara diketahui, maka kesempatan keberhasilan pengobatan akan semakin besar. Cara yang paling mudah untuk mendeteksi kanker payudara adalah dengan periksa payudara sendiri setiap bulan. Tes lain untuk deteksi adanya kanker payudara adalah dengan melakukan memografi (rontgen payudara) dan biopsi (pengambilan jairngan payudara).



Gejala dan tanda


Tanda adanya kanker payudara adalah sebagai berikut :


- adanya massa pada payudara


- perubahan ukuran payudara


- perubahan pada kulit payudara, sepertu perubahan kulit sekitar puting,


kulit menebal, terlihat warna kemerahan/orange


- adanya cairan yang tidak biasa yang keluar dari payudara


- perubahan suhu kulit dan warna, seperti adanya rasa hangat, panas, dan


daerah berwarna kemerahan


- perubahan pada puting, seperti adanya rasa panas,


- pada lengan terasa ada yang mengganjal


- nyeri (pada tumor)



Periksa payudara sendiri


Waktu yang tepat untuk periksa payudara sendiri adalah satu minggu setelah anda selesai haid. Jika anda tidak memiliki siklus haid yang teratur, maka sebaiknya melakukan periksa payudara sendiri pada waktu yang sama setiap bulannya.




  1. Berdirilah didepan kaca. Bandingkan kedua payudara anda, perhatikan lebar dan ukurannya. Jika salah satu payudara anda lebih besar, hal ini menunjukkan hal yang tidak biasa. Periksa tanda yang lainnya seperti adanya cairan yang keluar dari puting, puckering, dimpling, atau scaling of skin.

  2. Angkatlah tangan kiri anda. Dengan menggunakan tiga jari tangan kanan anda, rabalah payudara anda dengan seksama, perlahan, dan lembut. Mulailah dengan bagian yang lebih luar, buatlah tekanan dan memutar ke seluruh payudara anda. Pastikan anda memeriksa seluruh bagian payudara, dan juga bagian di bawah payudara anda.

  3. Secara lembut tekan puting anda, dan periksa apakah ada cairan yang keluar melalui puting anda.

  4. Ulangi langkah no.2 dan no.3 pada payudara kanan anda.

  5. Ulangi langkah no.2 dan no.3 pada kedua payudara anda ketika anda sedang tiduran. Posisi anda harus dalam keadaan tidur dengan punggung pada permukaan yang rata, letakkan tangan anda ke atas kepala dengan bantal dibawah bahu payudara anda yang akan diperiksa. Posisi ini akan meratakan payudara, sehingga memudahkan pemeriksaan.



Mammografi


Mammogram adalah roentgen dengan sinar X-ray pada payudara. Cara ini dapat mendeteksi adanya tumor yang sangat kecil yang tidak dapat diketahui dengan periksa payudara sendiri. Setiap wanita harus melakukan mamografi awal pada usia antara 35-39 tahun. Wanita berusia 40-49 tahun harus melakukan mamografi sekali setiap satu atau dua tahun. Wanita berusia 50  tahun, wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara, atau wanita yang telah memiliki kanker payudara pada salah satu payudaranya, sebaiknya melakukan mamografi setiap tahun.



Biposi


Biopsi adalah pengambilan jaringan dari payudara. Hal ini dapat juga dilakukan pada pasien rawat jalan. Setelah diberikan suntikan anestesi, melalui suntikan akan diambil jaringan atau cairan payudara yang kemudian akan dikirimkan ke laboratorium untuk diperiksa. Tindakan biopsi lainnya dapat juga dilakukan di kamar operasi dengan anestesi lokal atau keseluruhan.



Penyebab kanker payudara


Penyebab kanker payudara belum diketahui. Namun karena kejadian ini lebih banyak terjadi pada wanita, maka diperkirakan estrogen adalah penybabnya. Wanita yang memiliki risiko kanker payudara adalah wanita yang :


- memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara


- memiliki riwayat menstruasi yang lama (memulai menstruasi pada usia yang


sangat muda atau menopausenya terlalu lama)


- belum pernah hamil


- memiliki kehamilan pertama pada usia 31 tahun


- memiliki kanker endometrium atau kanker ovarium


- terpapar dengan radiasi ion



Pilhan pengobatan


Saat ini terdapat beberapa pilihan pengobatan dengan pembedahan :


- Lumpectomy:


Lumpectomy ditambah radiasi digunakan untuk kanker yang kecil


- Partial mastectomy:


Pada operasi jenis ini, dokter akan mengangkat tumor. Nodul limfa


dibawah lengan juga akan diangkat.


- Total mastectomy


Pada prosedur ini, dokter akan mengangkat seluruh payudara. Operasi ini


dilakukan bila kanker berada pada jaringan payudara dan nodul limfa


tidak terlibat.


- Modified radical mastectomy


Dokter akan mengangkat seluruh payudara, nodul limfa di bawah lengan,


dan lapisan yang melindungi otot dada.



Beberapa wanita mengalami kanker payudara berulang walaupun sudah dilakukan terapi lokal dengan pembedahan dengan atau tanpa radiasi. Pada beberapa kasus, kanker payudara berulang dapat dicegah dengan penggunaan kemoterapi atau tamoksifen.

14 komentar:

Gracie said...

Hola :) Is it alright that I go a bit off subject? I am tryin to look at this site from my brand new Android phone although it won't display properly (some of the navigation areas are half hidden), do you have any solutions? Shall I try to find an upgrade for my system or something? Thanks! Gracie x :)

Anja said...

Hi :) Is it OK that I go a bit off the topic? I'm tryin to read your site from my brand new iPod Touch but it doesn't display correctly (some of the areas are half gone), do you have any solutions? Shall I try to find an update for my system or something? Thanks! Anja x :)

Raka said...

try to open in PC only

Raka said...

Try just viewed on PCs

car amplifiers said...

I really enjoyed reading this. I think I will that a look through your other posts!

Ollie Kunze said...

This is pretty interesting ;), i was looking for something but found your site instead through Google . I love networking. Anyways, just wanted to drop by and say hi ;). i have subscribed to your site and i am looking forward to the updates , Thanks

Raka said...

thank you for visiting and please support

Raka said...

thank you for visiting and please support's

download mobile spy said...

I've been researching a lot and once skimming trough this post all I could say is "finally somebody who writes instead of obsessing #with his# web site info". bravo. You just made the internet a greater place after half of the bloggers only doing this to get paid for every word.

shanghai massage said...

So far, the most concise and updated information, I found this topic. I'm glad I accidentally browse to your page. I L is to subscribe to your feeds, so I can get the latest updates. Thank all of the information here

beijing massage said...

I love your page! You create this, or you outsource it? In search of a blog design that is similar to the import and export, so this is only for their own requirements. Either way, keep up the great work, I was really impressed by your content ..

cheap motorcycle fairings said...

The following time I read a weblog, I hope that it doesnt disappoint me as much as this one. I imply, I know it was my choice to read, but I actually thought youd have one thing interesting to say. All I hear is a bunch of whining about one thing that you can fix when you werent too busy in search of attention.

Pokerplay.nu said...

Title...

Nice Post mate...

Raka said...

thank you ..... we are sharing, please support me

Post a Comment